Itu di belakang nya masih ada,,yaitu

1. dijawab oleh : TMcquay
Jawaban:
Judul Buku : Aku Mampu Berbahasa Indonesia
Penulis : Kastam Syamsi, Joko Santoso , Anwar Efendi, dan Teguh Setiawan
Tahun Terbit : 2004
Nama Penerbit : SIC
Tebal Buku : 94 halaman

Keeratan hubungan buku teks dan kurikulum dapat diumpamakan, digambarkan atau dibandingkan dengan hubungan antara ikan dengan air, ikan dengan tebing, atau juga dapat disamakan dengan dua sisi mata uang, dua tetapi satu, satu tetapi dua”. Namun, di dalam buku teks tidak ada rincian pasti mengenai apa yang menjadi standar kompetensi atau apa yang menjadi kompetensi dasar. Semuanya sudah dituliskan menjadi sub-sub materi. Buku teks yang baik haruslah menarik dan mampu meransang minat siswa untuk termotivasi belajar. Dengan buku yang menarik siswa akan mau belajar dan tertarik untuk memahami materi pembelajaran.

Kesimpulan
Buku teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan untuk menunjang suatu program pembelajaran. Dalam proses pembelajaran inilah buku teks memiliki peran yang sangat penting sebagai referensi yang digunakan siswa untuk mengoptimalkan potensi-potensinya. Oleh karena itu, perlu adanya pemilihan buku teks yang baik mana yang akan digunakan di dalam pembelajaran.
Ada sepuluh kriteria buku teks yang baik seperti yang diungkapkan oleh Greene dan Petty yaitu menarik minat, menumbuhkan motivasi, menstimulasi aktivitas siswa, ilustratif, komunikatif, sudut pandangan (point of view), kejelasan konsep, menunjang mata pelajaran lain, menghargai perbedaan individu, dan memantapkan nilai-nilai.Dalam penulisan buku teks bahasa Indonesia, ada empat aspek keterampilan yang tidak mungkin dilepas yaitu aspek keterampilan mendengarkan/menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
Di dalam penganalisisan bab, banyak sekali dtemukan kekurangan di antaranya ialah tidak adanya standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator apa saja yang harus dicapai oleh siswa, ketidaksesuaian topik yang ditulis di buku teks dengan kurikulum. Ada beberapa kompetensi dasar yang sebenarnya ada di kurikulum namun di buku teks tidak ada. Selain itu ada juga kompetensi yang diminta di kurikulum tentang kata berimbuhan sedangkan yang tersaji di buku ialah tentang frasa. Padahal, penulisan buku teks seharusnya memang relevan dengan kurikulum. Selain itu penulis buku BSE nampak kurang cermat dalam mencari definisi dan kurang matang dalam menyajikan bahan ajar atau teori. Sehingga teori-teori yang tersaji di buku nampak sangat kurang mendalam.
Saran
Ada beberapa kekurangan yang ditemukan selama melakukan analisis sehingga saya ada beberapa saran yang dapat diajukan antara lain:
1. Penulis harus mempelajari kriteria-kriteria buku teks yang baik..
2. Pelajari dan pahami dengan baik standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada di dalam kurikulum.
3. menuliskan standar kompetensi, kompetensi dasar, juga indikator kedalam buku teks jangan hanya tujuan pembelajarannya saja
4. mempersiapkan dengan matang bahan-bahan atau data yang akan dijadikan materi di dalam buku teks.
5. Dalam mendefinisikan sesuatu carilah referensi yang dapat dipercaya.
6. sebaiknya soal yang diberikan bisa lebih bervariasi seperti pilihan ganda dan soal teka teki silang yang berhubungan dengan materi
7.materinya sebaiknya lebih dijelaskan lebih mendetail lagi karena buku teks lebih monoton ke cerita-cerita pendek

Pertanyaan Lainnya

Formula dan fungsi sederhana yg sering di gunakan pada ms excel

Formula dan fungsi sederhana yg sering di gunakan pada ms Excel adalah fungsi statistik, seperti mencari nilai tertinggi (MAX), mencari nilai terendah (MIN), menghitung jumlah total (SUM), dan menghitung nilai rata-rata (AVERAGE).

Mengapa proses pengerjaan sulam memakan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan proses pengerjaan bordir?

Karena pengerjaan sulam lebih susah dan memakan banyak waktu

Tolong dibantu yaa..

tiga mata uang logam dilempar bersama sama sebanyak 400 kali. frekuensi harapan muncul tepat dua angka adalah
a. 25 kali
b. 50 kali
c. 125 kali
d. 150 kali

dikasih caranya juga yaa
terima kasih :) Muncul dua angka

Diketahui panjang jari jari OA=OB=5cm panjang tali busur AB 8cm tentukan luas tembereng

1/2 luas lingkaran=1/2 phi r kuadrat=1/2x3,4x4x4=27,2

Diketahui a=3i-2j+k, b =2i-4j-3k, c=-i+2j+2k, maka 2a-3b-5c sama dengan?​

Jawaban: 5i-2j+kPenjelasan dengan langkah-langkah:2(3,-2,1) -3(2,-4,-3)-5(-1,2,2) =(6,-4,2)-(-6,12,9)-(5,-10,-10)=(6,-6,5)i -(-4,12,-10)j -(2,9,-10)k=5i-2j+kmaaf kalau salah, semoga membantu

Candise : good ... narti. how ...?narti : i am ...​

candise : good morning, narti. how are you today??narti : i am fine. thank you#semoga membantu ^ ^

-15+(-31)=hasih operasi hitung diatas adalah​

Jawaban:-15+(-31)= -46semoga membantu

Avian influenza flu burung merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza dengan tipe A5 N1 virus ini dapat bertahan hidup di air sampai 4 hari pada suhu 20 derajat Reamur berapakah derajat suhu tersebut jika diukur menggunakan termometer Celcius

A.25 oC
B.45 oC
C.77 oC
D.86 oC​ Jawaban:A.25 oCPenjelasan:20 derajat Reamur = 25 derajat Celcius. = 25 derajat Celcius.

Bahasa ngoko nyimakna

Jawaban:ngoko seng ndi yo dek dekkkkk

Apa arti kata himponim ?

Kata-kata yang mewakili banyak kata lain. Katahipernim dapat menjadi kata umumdari penyebutan kata-kata lainnya. Sedangkan hiponim adalah kata-katayang terwakili artinya oleh katahipernim. Umumnya kata-katahipernim adalah suatu kategori danhiponim merupakan anggota dari katahipernim.